Jalan Muara Pitap - Gunung Pandau Diperbaiki, Lalu Lintas Sistem Buka Tutup

Jalan Muara Pitap - Gunung Pandau Diperbaiki, Lalu Lintas Sistem Buka Tutup

SALAH satu jalan yang tengah dilakukan perbaikan.| foto : istimewa

PARINGIN – Penanganan ruas Jalan Muara Pitap-Gunung Pandau di Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan telah dimulai dalam beberapa waktu terakhir. Proyek ini merupakan bagian dari program perbaikan infrastruktur yang dikelola oleh Dinas PUPR Kabupaten Balangan, dengan pelaksana proyek CV Cahaya Bintang Arjuna. Kontrak pengerjaan proyek ini efektif sejak 23 Juli 2024.

Berdasarkan informasi yang tercantum pada papan proyek, pekerjaan ini dijadwalkan selesai pada 19 Desember 2024 dengan total anggaran sebesar Rp 8.768.077.708,93.

Selama proses pengerjaan, arus lalu lintas diatur dengan sistem buka-tutup jalur karena pengerjaan jalan dimulai dari satu sisi terlebih dahulu. Pantauan pada Sabtu (28/9/2024) menunjukkan para pekerja sedang mempersiapkan pengecoran jalan, sementara petugas lalu lintas bertugas mengarahkan kendaraan, terutama saat ada mobil yang melintas.

Proyek ini tidak hanya difokuskan pada perbaikan jalan, tetapi juga pada pelebaran di titik-titik tertentu yang sudah direncanakan. Rina Ariyani, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Balangan, menjelaskan bahwa untuk bagian jalan yang mengalami kerusakan parah akan diperbaiki menggunakan metode konstruksi rigid.

Selama masa pengecoran berlangsung, pengaturan lalu lintas dilakukan agar kendaraan tetap bisa melintas, meskipun dengan sistem buka-tutup. Khusus untuk kendaraan roda empat ke atas, disarankan untuk mengambil jalur alternatif melalui Jalan Gunung-Pandau menuju Paringin guna menghindari area pengerjaan.

Penanganan ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas jalan sekaligus memperlancar arus lalu lintas di kawasan tersebut.[martino]
Lebih baru Lebih lama